MELAYANI:
-SERVICE SEGALA MERK SEPEDA MOTOR
-DIESEL BENSIN
-MOTOR INJEKSI
-TAMBAL BAN -SPARE PART
-CUCI MOTOR -KURSUS MEKANIK



Rabu, 17 Oktober 2012


PT Astra Honda Motor (AHM) khususnya dari divisi HC3 (Honda Customer Care Center) ikut “Training dan Workshop New Honda Vario Techno 125.” Motor skutik ini  diluncurkan AHM bulan Maret 2012 yang lalu. Sedangkan training dan worskop kali ini mengusung tema “Blogger Gathering: Lebih Dekat Dengan Teknologi Injeksi” yang berlangsung di Astra Honda Training Center, Sunter Jakarta hari Sabtu, 28 April 2012 mulai pukul 09.00 s/d 15.00 WIB.
Acara yang diikuti oleh beberapa rekan blogger otomotif ini, diawali dengan sarapan pagi makan bubur ayam. Kemudian foto bersama, berlanjut dengan masuk kedalam ruangan untuk mengikuti acara training. Kali ini sesi tanya jawab menjadi pembuka acara agar para peserta training bisa langsung menanyakan hal-hal penting seputar New Honda Vario Techno 125 dan tentunya teknologi injeksi yang menjadi andalan dari sepeda motor Honda.
SL.com menanyakan angka penjualan sepeda motor Honda yang sudah mengusung mesin injeksi, dan ternyata respon konsumen sepeda motor Honda dengan mesin injeksi kian terus meningkat. Share penjualan motor injeksi Honda dari seluruh angka penjualan AHM terus naik, yaitu 3.6%, 7.4% dan hingga 21% dan ini membuktikan bahwa motor injeksi sudah diterima baik oleh pasar otomotif roda dua di Indonesia.
Kalau begitu apa sih keunggulan dari motor injeksi Honda?
Soal keunggulan motor injeksi Honda, khususnya motor skutik New Honda Revo Techno 125 dipaparkan melalui presentasi yang sangat lengkap. Bisa dibilang presentasi yang dipaparkan oleh Sarwono Edhi dari Technical Training Department AHM sangat teknis.  Namun demikian secara umum (non teknis), motor injeksi Honda Vario Techno 125 ini memiliki beberapa poin yang diunggulkan, antara lain:
Memiliki teknologi matik secara global, yaitu eSP (Enhanced Smart Power). Teknologi ini memberikan beberapa manfaat, yaitu performa akselerasi yang cepat sehingga bisa menempuh jarak 200 meter hanya dalam waktu 12,8 detik. Selain itu konsumsi bahan bakarnya juga lebih efisien, yaitu 30% lebih hemat dibandingkan dengan Vario sebelumnya (52,1 km/liter dengan menggunakan metode pengukuran ECE R40). Motor skutik ini juga mampu menekan emisi gas buang secara drastis.
SL.com sangat penasaran dengan teknologi injeksi yang katanya bisa bikin irit bahan bakar. Namun demikian akhirnya hal ini terjawab melalui acara workshop (usai makan siang) di ruangan praktek lantai satu AHTS (Astra Honda Training Center). Oh ya.. selama SL.com berada di AHTS, ternyata disana ada beberapa mekanik Honda dari berbagai daerah yang juga sedang menjalani training, hanya beda kelas.
Injection Diagnostic Tools
Singkat kata, teknologi injeksi adalah sistim suplai bahan bakar yang bukan lagi dengan karburator, tetapi bekerja dengan perangkat elektronik, antara lain ada sensor, ECU (control) dan Injektor. Ketiga sistim bekerja secara elektronik yang sudah diset sesuai dengan kondisi motor tersebut.
Ketika motor perlu di set ulang, maka dibutuhkan alat Injection Diagnostic Tools, yang fungsinya adalah untuk melakukan diagnosa secara eletronik, antara lain mengenali bagian apa yang perlu dilihat, dipantau, atau diset ulang (reset).
Injector Cleaner & Tester
Perangkat sensor dan ECU memang sulit untuk dipelajari karena perangkat ini bekerja secara elektronik, tetapi yang bisa dilihat dengan mata adalah mengenai cara kerja Injektor melalui alat Injector Cleaner & Tester. Melalui alat ini dipasangkan benda Injector berwarna hitam sebesar jari kelingking, yang kemudian di taruh diatas tabung.
Pada kesempatan workshop tersebut, AHTS juga memiliki Injector milik kompetitor yang ditaruh ditengah, sedangkan dua unit injector milik AHM masing-masing di pasangkan di sebelah kiri dan kanan injector kompetitor. Alat Injector Cleaner & Tester pun langsung diuji coba dengan berbagai settingan sesuai keperluan.
Namun SL.com meminta kepada teknisi AHM agar alat disetting dalam kondisi langsam, rpm rendah hingga rpm tinggi. Disini jelas terlihat bagaimana ketiga Injector tersebut bekerja, yaitu mampu menyemburkan BBM secara halus.
Jika mau dibandingkan, semburan BBM dari Injector milik Honda terlihat jauh lebih halus, lebih smooth, tidak berbuih, dan juga pada saat semburan BBM ditampung ke dalam tabung, BBM-nya tidak berbusa. Yang lebih penting disini adalah melihat kadar volume BBM yang sudah ditampung, jelas terlihat kalau tabung milik Honda jauh lebih rendah dibandingkan dengan milik kompetitor.
Bagi Honda, bagian inilah yang disebut dengan hemat BBM, lebih irit BBM, dan lebih effisien, pasalnya Honda New Vario Techno 125 ini memiliki Injector dengan enam lubang yang sangat kecil (sulit dilihat dengan kasat mata). Dari presentasi saat di dalam kelas, disebutkan bahwa Injector Honda PGM-FI ini merupakan World Top Class Flow Control yang memiliki kemampuan, antara lain ukuran partikel BBM yang disemprotkan paling kecil didunia. Kemudian memiliki kemampuan untuk mengontrol jumlah partikel BBM dengan presisi dalam skala minimum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar