MELAYANI:
-SERVICE SEGALA MERK SEPEDA MOTOR
-DIESEL BENSIN
-MOTOR INJEKSI
-TAMBAL BAN -SPARE PART
-CUCI MOTOR -KURSUS MEKANIK



Rabu, 01 Mei 2013

Perbedaan Teknologi Sepeda Motor Injeksi Honda dan Yamaha

Perbedaan Teknologi Sepeda Motor Injeksi Honda dan Yamaha - Tahun 2012 hingga 2013 ini tampaknya Indonesia akan memasuki era baru. Sebuah teknologi ramah lingkungan yang diterapkan pada sepeda motor menjadi sebuah solusi permasalahan global warming yang selama ini menghantui umat manusia di seluruh Indonesia. Dan Indonesia sebagai negara berkembang akan menjadi salah satu negara yang ikut bertanggungjawab dalam mengurangi emisi buangan dari proses pembakaran bahan bakar dari kendaraan, terutama sepeda motor yang saat ini memiliki jumlah 75 persen dari total kendaraan bermotor di Indonesia. Sebagai sebuah perusahaan raksasa yang berkuasa di Indonesia, yaitu Honda dan Yamaha, telah mempunyai teknologi baru itu menjawab itu semua, yaitu mereka menciptakan sepeda motor injeksi.


Perbedaan Teknologi Sepeda Motor Injeksi Honda dan Yamaha

Perbedaan Teknologi Sepeda Motor Injeksi Honda dan Yamaha

Melalui inovasi teknologi sepeda motor injeksi irit harga terbaik cuma honda mempunyai perbedaan yang tersendiri jika dibandingkan dengan sistem injeksi Yamaha. Pada teknologi injeksi ini Honda, mempunyai keunggulan mampu mensuplai bahan bakar dan oksigen secara optimal sesuai dengan kebutuhan mesin. Suplai yang optimal ini menjadikan sepeda motor akan menjadi lebih irit dan hemat dalam hal konsumsi bahan bakar. Sepeda motor injeksi honda mampu menghemat bahan bakar hingga 5 sampai 17 persen jika dibandingkan dengan sepeda motor yang biasa (sepeda motor karburator)

Lain lagi dengan sepeda motor injeksi Yamaha. Yamaha juga sudah mempunyai teknologi injeksi sebelum kemudian tahun ini juga melakukan inovasi injeksi lagi yang terbaru. Namun terdapat perbedaan yang mendasar pada sistem baru ini dengan sistem lama. Satu diantaranya, posisi injektor yang diarahkan langsung ke ruang bakar. Dengan teknologi ini konsumsi BBM dipastikan lebih hemat sekaligus menciptakan turbulensi di ruang bakar. Hal yang membedakan lainnya, hasil pengabutan pada sistem injeksi baru di dalam ruang bakar adalah menjadikan bensin seperti asap. Sementara sepeda motor dengan sistem injeksi langsung biasa hanya menyemprot ke satu arah.

Perbedaan Teknologi Sepeda Motor Injeksi Honda dan Yamaha

Itulah tadi perbedaan dari masing-masing penyedia sepeda motor injeksi Honda dan Yamaha. Keduanya mempunyai keunggulan yang tersendiri dari teknologi inovasi yang telah mereka buat. Lalu Perang Sepeda Motor Injeksi, Siapa Yang Menang? Semua itu juga tergantung oleh konsumen yang menilainya, dan dialah yang akan menang dan memimimpin pasar sepeda motor injeksi di Indonesia

1 comments:
  1. Kebetulan ane pake yg Honda Supra X 125 Injection gan :D
 

OBATI PENYAKIT SUZUKI SKYWAVE

 
 
 
 
 
 
5 Votes

Selain kelebihannya sebagai motor matik dengan kenyamanan dan kestabilan serta desain jempolan, Suzuki Skywave 125 memiliki beberapa ciri khas yang sering dikeluhkan penggunanya.
Pertama adalah tarikan awal yang berat terutama di putaran bawah (20-40km/jam). Kadang diiringi suara ngorok dan muncul hentakan, yang sepertinya bersumber pada v-belt.
Wajar jika beberapa konsumen mengeluhkan konsumsi BBM yang boros, 1:25 – 1:30, Bahkan disebuah milis ada yang mengeluhkan Skywave sudah nenggak bensin 2 liter untuk jarak 45 km saja. Sudah begitu, setelah jarum spido menunjuk angka 80km/jam,  rasanya kecepatan sudah tidak bisa lagi ditambah. wah wah…
Nah, berikut ini pengalaman pribadi OP ketika melakukan servis rutin Skywave. Menurut seorang mekanik di bengkel resmi Suzuki yang ada di kawasan Jl. Embong Malang, Surabaya (depan JW Marriot), sebenarnya penyakit Skywave ini ada obatnya.
“Per CVT orisinal bisa diganti produk aftermarket. Kebetulan saya pakai merek ARB. Cuma Rp 60 ribu lengkap dengan per sentrifugalnya sebanyak 3 biji,” buka Yanto, nama mekanik itu.
Menurut Yanto, karena per CVT ini lebih empuk ketimbang milik Skywave, maka tarikan bawah akan menjadi lebih cepat. “Otomatis  akselerasi di putaran bawah lebih cepat dan BBM lebih irit.” tutur Yanto yang ngaku kerap menerima order ganti per CVT ini.
Merasa Penasaran, OP pun coba-coba. Maklum Skywave Night Rider III besutan OP juga mengalami penyakit-penyakit ini. Dan ternta hasilnya…. dahsyat !!!
Gas dibuka sedikit motor langsung lari. Dan setelah gas terus dibuka dengan dirunut, kecepatan 100 km/jam bisa cepat diraih, itu pun gas belum habis. Padahal awalnya kalau sudah 80km/jam rasanya sudah mentok. Sensasi V-belt selip dan suara ngorok pun hilang dengan sendirinya.
Dan masih ada lagi efek pergantian per CVT dan per sentrifugal ini, BBM jadi irit. Jika semula berkisar 1:35 untuk pemakaian dalam kota dengan bensin Shell Super, kini bisa 1:40. Bahkan jika lalu lintas lengang seperti malam hari, bisa lebih irit lagi.
Pengin coba? Ongkos pasangnya cuma Rp 20 ribu. Dan sssttt…. Dari sumber OP yang lain, kabarnya ada bengkel resmi Suzuki yang mau menerima order ganti per CVT ini tanpa menghilangkan garansi lho.. karena memang cuma ganti per saja tanpa memodifikasi mesin sama sekali.
Sumber : OTO PLUS

Tulisan Sebelumnya
Tulisan Berikutnya
Tinggalkan Komentar

63 Komentar

  1. klo dipake ke spin bisa juga nga?
    • agoey

       /  Desember 3, 2010
      @ az147r :: silahkan di coba, klo berhasil, bagi di sini ya.. :-D
  2. Tukang Motor

     /  Desember 31, 2010
    mantap ini, bakal langsung dicoba saat servis gratis ke 2….
    thanx gan beritanya…
  3. pass it on
  4. coba ah.
    Tapi punyaku bisa 1:38 kok.
  5. adith

     /  Januari 26, 2011
    harga per brp 1setnya mas?
    motor sya SW NR3 >>> sher pakai smash stndr, cdi varro n coil kitaco, spuyer 15 pny spin, roller sling 13 n bawaan, per cpt pakai pny TDR 1500…tpi ko masih kurang ya atasnya pa lgi bwat tmbusin 100km/jam lama bgt naiknya…
    pliss bntuannya>>>>>>
    pa da yg slh??
    • agoey

       /  Januari 26, 2011
      @ adith :: Harga per yang mana??
      wah modifikasi mesinnya udah cukup dalam juga, modifikasi mesin skutik berbeda dengan modifikasi mesin bebek atau sport, jadi jika ingin modifikasi mesin skutik, lebih baik di serahkan pada bengkel atau mekanik yang paham dengan mesin skutik.. smoga berguna.. :-)
      • Array

         /  November 22, 2011
        mas bro…mau tanya tuh per-nya klo di jkt merk ARB ada gak yah? tks
  6. SW putih

     /  Februari 12, 2011
    SW gw taun 2010 warna putih kemaren ganti per CVT vario ama tuker pilot jet ukuran 15 yang buat spin. Tarikannya sih enak banget. Top speed 115km/h nyampe. Tapi bensinnya ga tahan. Sekarang 1:20 doang. Ada solusi ga nih gan?
    • agoey

       /  Februari 12, 2011
      @ SW Putih :: Coba terapkan jurus yang di artikel ini, semoga membantu.. :-)
    • Swer

       /  November 15, 2012
      pake per cvt vario di sw emang bikin boros bensin coz terpancing untuk betot2 gas terus :D
  7. King Skywave

     /  Februari 13, 2011
    Sipp2. Gan, perbanyak tips tentang skywave dong. Karena ini motor manteplah sebenernya. Thanks gan.
  8. caspro

     /  Februari 15, 2011
    Whaduh menarik nih Bro….tp di daerah gampang gak ya nyari PER CVT ARB nya? Itu PER khusus utk skywave atau biasa dipakai matic lain juga??
    • agoey

       /  Februari 16, 2011
      @ caspro :: klo daerah pinggiran kota agak susah mungkin, tapi klo gak ada coba aja pakai merk lain, seperti KTC atau Yoshimura misalnya…
  9. diding

     /  Februari 18, 2011
    klu buat skydrive bs ga ya ?
  10. beres yg bgs di jaktim di mana ya…..
  11. tolong dong agan2 yg baik kalo ada info tntg SW dan beres yg bgs krm ke wonnge3511@gmail.com matur nuwun….
  12. wildan

     /  April 22, 2011
    gan tolongin ane nich….ane punya SW NR II, motor ane nie kalo tarikan diatas 50 KM keatas bunyi dengunan jadi ane gak nyaman pakenya, ane dah service motor nie nyampe abis 1,2 juta tp tetep ga ilang, tolong masukanya yah gan….thanks
    • agoey

       /  April 23, 2011
      @ wildan :: silahkan coba tip diatas bro… mudah2an ilang tu suara….
  13. bagus mnh ARB,sama gforce dan TDR tlg gan infonya makasih….
    • agoey

       /  Mei 7, 2011
      @ joey :: bagus itu dapat diukur dari kualitasnya dan saat pemasangan pas, tanpa ada modifikasi lanjutan buat parts tersebut, serta harga yang sesuai di kantong.. :mrgreen: Saran saya, lebih baik pakai ARB atau TDR…
  14. calvin liim

     /  Juni 3, 2011
    pernya yg ukuran berapa yg lebih enteng ,,
    1500 atau 2000 rpm …:D
    • Swer

       /  November 15, 2012
      sw kalo pake per cvt rpm tinggi emang tarikan awal bagus tapi mesin menderu/mendengung. per cvt standar sw kabarnya cuma 800 rpm.
    • ade

       /  Januari 3, 2013
      kalo untuk mesin standar sih maximal pake yg 1200rpm
  15. hakiki Bayu

     /  Juni 6, 2011
    Ikutan Gan.: Ane jg pake SW 2010, prnah ganti per CVT pake yg 2000 RPM kawahara ternyata kurang memuaskan, akselerasi emang bagus tapi susah ngacir. lebih baik pake yg 1000 RPM aja gan Lbh Enteng….
  16. ekofn

     /  Juni 13, 2011
    mas, saya sudah nyoba nyari per CVT ama centrifugal after market diatas buat skywave susah nemunya di kota cirebon. barangkali ada yg berbaik hati mengirimkan kepada saya, mohon hubungi ekowiryo@gmail.com, ongkos saya ganti. thanks before.
    • agoey

       /  Juni 14, 2011
      @ ekofn :: silahkan kontak nomor handphone diatas aja bro…
  17. ekofn

     /  Juni 13, 2011
    NB. : saya kmrn cuma nemu per centrifugal 3 bj merk KTC, tp buat yamaha mio. Yg per CVT adanya yg standard, susah buangett nyari after market punyanya skywave.
  18. ekofn

     /  Juni 15, 2011
    < bingung, gak bs nemu no hp yg dimaksud (sori gaptek mas).
    • agoey

       /  Juni 15, 2011
      @ ekofn :: wah maaf bro.. maksud ane alamat bengkel yang tertera di artikel…. :roll:
  19. angga

     /  Juni 18, 2011
    klu enak na gan pake CVT vario berapa RPM ,,bsa kan untk ke SW….
    tlong bntu saya gan bingung ane…
  20. angga

     /  Juni 18, 2011
    owh iya klu pke itu trikan topspeed na bgus jga kan..
  21. ferri

     /  Juni 20, 2011
    emang kalo pake per cvt ori vario jadi boros y ?
  22. yudhi

     /  Juli 14, 2011
    kalo buat hayate bs gak ya
  23. spra

     /  September 12, 2011
    per cvt skywave, skydrive, spin, hayate itu sama semua ukurannya
  24. m@el

     /  September 23, 2011
    aku udh nyari per cvt merk ARB, tp ngak ada, yg ada merk TDR 1000 RPM, bs gak dpk buat hayate, maklum aku dr aceh NAD, mhn djwb mas
  25. salam bro..orang baru ni baru gabung..saran ente ganti cvt dengan produk alfmart di motor skywave aku udah aku coba.. dengan 1500 rpm, merk “KTC” larinya emang OK, tapi ko konsumsi bahan bakarnya sama aja, malah cenderung boros? gimana bro solusinya
  26. ardi

     /  Desember 28, 2011
    sebelumnya gw ucapin thx berat atas infonya, gw dah coba ganti per CVT doang, sentrifugalnya gak ganti, pake merk KTC yg 1000 rpm, hasilnya bunyi cit cit nya hilang dan getarannya juga hilang top speed tembus 110 kpj yg sebelumya hanya bisa 105 kpj, harga per CVT nya doang 65 ribu perak gw beli di kebon jeruk 3 jakarta
  27. martin tobing

     /  Januari 22, 2012
    bisa ga mas cara ini dipakai ke hayate? cocok ga per nya? thx
  28. yan awe

     /  April 26, 2012
    bos ,,,,, dmana bli per cvt sky wavenya….tolong info ya
  29. DHARUS

     /  Mei 11, 2012
    saran sy untuk semua sistem kerja CVT, pir sentrifugalnya saja yg diganti cari rpm yang lebih rendah alias lebih empuk supaya waktu pir CVT menekan, kampas langsung merenggang ( mengembang) pada rpm rendah sehingga tidak membutuhkan rpm yang tinggi untuk menjalankan roda, dan pir CVT pake bawaan motor saja, ini sy coba pada spin sy sendiri ternyata banyak perbedaan dibanding aslinya, yang mulanya sy pa ke pasuruan-banyuanngi P-P hbis 70 rb tanpa boncengan, setelah ganti cuma 55 rb PP (pasuruan kota-banyuangi ronggojampi lewat utara) itupun berboncengan, pir sentrifugal pake punya TDR, jangan lupa setelan udara pada karburator cari yang paing tinggi semua bengkel sudah pasti tahu itu
  30. martin tobing

     /  Mei 13, 2012
    @DHARUS,..good review boss,..oh ya itu per sentrifugal TDR nya khusus utk suzuki yah ? RPM nya berapa yah boss? saya dah cape nyoba2,..mau yg pasti2 aja,..agar enak tarikan n irit
    • Swer

       /  November 15, 2012
      untuk sw pake saja per sentrifugal ori mio yang katanya empuk. kalo saya nyoba pake per sentrifugal ori vario (lebih empuk juga dari bawaan sw). hasilnya mesin jadi gak terlalu menderu ketika awal mau jalan, yang pastinya bikin lebih irit bbm.
  31. dharus

     /  Mei 14, 2012
    ya mas martin,,, untuk pirnya sy pakai punya mio, pakai yang 1000rpm karena produk aftermarket untuk Suzuki sangat angel, bhkan tidak ada. klw mau beli caranya pura2 Tanya ke toko onderdil pir genuine milik suzuki( skywave,skydrive,spin) sama, setelah itu Tanya pir aftermarket untuk mio, klw untuk Suzuki g ada, setelah keduanya dapat bandingkan dengan menarik-narik pir tersebut, klw lebih empuk yang milik mio tersebut tapi yng 1000 rpm, itu yang di beli, krena banyak merek bertuliskan 1000rpm, setelah di bandingkan ternyata kenyalnya sama dengan yang aslinya, merek apapun asalkan lebih empuk g apa2,
    gak usah ganti CVT krn merek lain gak sama dengn suzuki, pada Suzuki ujung pirnya ada bengkok ke luar untuk kait ke lubang, klw itu di ganti emang enak juga tapi pengaruhnya pada umur V-beltnya
  32. martin tobing

     /  Mei 15, 2012
    @Dharus : hari ini saya coba mengubah per otomatis(sentrifugal) hayate ane, sesuai saran agan, dengan KTC 1500 rpm (pokoknya lebih lembut dr per standar, dan sesuai saran mekaniknya minimal 1500 rpm kalo mau diubah), ternyata yang agan bilang, BENAR, SANGAT2 BENAR,. per cvt yg pernah saya ubah ke 1500 rpm jg saya kembalikan ke standar,..jadi semua kemabali ke standar, kecuali per otomatisnya,..pas dicoba sm mekaniknya, dia bilang,..YANG BEGINI INI “PAS” BUAT HARIAN, tarikan pertama dapet, tengah agak lumayan, top speed ok,.lalu gantian kucoba, ternyata memang ada perbedaan besar,..lalu setelah itu sekalian kubawa ke BERES (krn kebetulan memang saatnya servis rutin yg ke 4) , ganti oli dgn enduron matic,..eh setelah itu, malah makin mantapppp,..well finally ,..thanks a million to agan DHARUS,..n hopefully to all hayate riders should try this (dgn catatan utk pake harian loh ya)….
    • DHARUS

       /  Mei 16, 2012
      you are welcome bang martin, dan yang jelas rollernya akan semakin panjang umurnya,
  33. DHARUS

     /  Mei 19, 2012
    ada yang lebh murah lagi untuk ganti pir sentrifugalnya, dapat diganti dengan pir rem milik honda genuin yang nota bene lebbih empu jika dibanding denga memakaiyang ori harganya pun lebih murah hanya cuma butuh uang 1500 per biji
    • yoko

       /  Juli 15, 2012
      Seriusan gan pake “per rem” baru denger ane yg ini..klo selama ini pake per centri ktc buat mio yg 1000rpm +per cvt vario..enak sampe 80kpj,mau ke atasnya susah bener..ini karna dimensi per cvt vario yg panjang dan rapat,jadi keburu pernya rapet..
      • dharus

         /  Oktober 13, 2012
        ya bisa mas yoko, punya sy udah pake pir rem milik honda, malah lebih enak
    • Swer

       /  November 15, 2012
      udah naik om , jadi 2000 :D
    • Swer

       /  November 15, 2012
      per sentrifugal ato per rem??
  34. irwan

     /  Mei 29, 2012
    kalo buat skydrive bisa gag eaw????
    trus kalo pas mau jalan,,,, ada suara dengungan dan hentakan d bagian belakan,, kaia d gardan itu kenapa ya???
    • dharus

       /  Mei 31, 2012
      ya emang itu kelemahan suzuki, maka ganti aja pir sentrifugalnya, semua sama untuk suzuki, kecuali nex
  35. dhaxx

     /  September 20, 2012
    Cr kurangin getar ngorok suzuki +Nambah topspeed
    Kurangin roler 2-3 gram
    Ganti per sentrifugal nouvo/ktc mio 1500/tdr mio 1500
    Per cvt g usah diganti
    Rajin bersih2 cvt
    Gas diurut pelan2
    udah gw coba mantab dah
  36. Gan mnta bantuanya ana punya mio soul tarikannya melorot kya yg susah nafas..apa ada yg harus saya ganti…thks sebelumnya
    • boby

       /  Januari 8, 2013
      @dharus : untuk suzuki nex bisa gk aplikasi per sentrifugalnya pakai per rem honda.. Soalnya top speednya skarang turun dari 110 mjd 80 saja.. Umur motor udah 18000an vbelt + roller ganti ori baru.. Tp tetep aja lari cuman 80an
      • dharus sholeh

         /  Februari 26, 2013
        sebenarnya semua bisa asal masangnya telaten, yg jelas pir rem Honda agak angel masangnya karena leher pengaitnya pendek, tapi setelah masuk gk mungkin lepas sendiri, coba aja, saya udah aplikasikan ke sembarang metik, ternyata orang-orang yg make pada bilang ,,,,,,ya,ya… kok lebih enak murah lagi
  37. aan

     /  Januari 26, 2013
    mo pesen per CVT ARB (buat SW ane ni gan) ada no tlp yg bs di hubungi?? (mohon Sms/tlp ke no9 ini aja ya gan 0821.5336.1101) daerah jkt selatan.. (atau ada yg tau utk di jkt.. tokonya dimana ya?) thx.
  38. pitriono

     /  Februari 19, 2013
    CVT ..,
    it tmpatnya dmn??
    Di karbo y?
  39. Kalau daerah Jogja nyari per CVT itu di mana ya ?
    Thanks infonya
  40. den zzacka

     /  Maret 14, 2013
    Wah nice info Gan, patut dicoba, memang ini yg slalu jd kendala scutik SW sy, terasa berat di tarikan awal dan larinya menthok di 80Km/jam..–__–!!
    Btw, setelah di ganti per CVT-nya, utk kedepannya ada masalh apa tidak Gan pd CVT itu sndiri dan pd mesin motornya… THX sblmnya N salam workshop.. ^_^

Tinggalkan Balasan