Fuel injection
Group
sensor
CKP =crankshaft
position sensor
ET=engine
temperatur sensor
IAP=intake air
temperature
IAT=intake air
temperature
TO=tip-over
TP=throtle
position sensor
Group control
ECM(engine
control module)
Group
aktuator/eksekutor
DCP=discharge
pump=fuel pump
=regulator
=injector
ISCV=idle speed
control valve
Keuntungan
injeksi
-menyempurnakan
campuran bahan bakar
-flow lebih bagus
-stasioner lebih
lembut
-irit
-rendah emisi
buang
-lebih bagus saat
operasional
-tenaga lebih
besar
Kekurangan
injeksi
-perlu
injektor,fuel pump,regulator
-desain tangki
khusus
-butuh listrik
lebih besar
Single point
injektor=injektor terletak pada tengah manifol
Multi point
injektor=injektor terletek pada masing2intake
Indirect
injection=bensin disemprotkan tidak langsung di ruang bakar
Direcy
injektion=bensin disemprotkan langsung pada ruang bakar
Yang menentukan
waktu penyemprotan bahan bakar
IAP,CKP,TP
Group critikal
problem(mesin mati total)
-CKP
-TO
-DCP
Fungsi masing2
sensor
ECM=sebagai
control semua sensor2
ET=mendeteksi
temperatur mesin dan memberikan signal ke ECM untuk dasar penyemprotan bensin
TO=mendeteksi
kemiringan motor sampai 60derajat dan mengirim signal ke ECM dan selanjutnya
Ecm akan memerintahka injektor untuk berhenti menyemprotkan bensin
IAP=mendeteksi
tekanan udara disaluran intake dan megirim signal ke ECM untuk dasar
penyemprotan bensin oleh injektor
TP=mendeteksi
bukaan throtle valve sebagai dasar waktu penyenprotan bensin
IAT=mendeteksi
tekaran udara di saluran hisap sebagai dasar durasi waktu penyemprotan bensin
CKP=mendeteksi
putaran mesin sebagai dasar penyemprotan bensin
HO=mendeteksi
konsentrasi kadar emeis gas buang sebagai dasr penyemprotan bensin
ISCV=menjalankan
perintah ECM menambah atau mengurangi udara masuk saat throtle valve tertutup
untuk mengoptimalkan saat starter/pemanasan mesin
DCP=sebagai
eksekutor perintah ECM untuk mengatur penyemprotan bensin
Diagnosa
kerusakan
Normal
mode=kondisi mesin ok!tidak terjadi masalah pada semua komponen injeksi
Fail safe
mode=terjadi masalah pada sensor tetapi mesin masih bisa dihidupkan
(TP,IAP,IAT,ISCV,ET,H2O)
Kritokal
problem=engine tidak bisa menyala sama sekali
Terjadi kerusakan pada salah satu
sensor(CKP,TO,DCP)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar