MELAYANI:
-SERVICE SEGALA MERK SEPEDA MOTOR
-DIESEL BENSIN
-MOTOR INJEKSI
-TAMBAL BAN -SPARE PART
-CUCI MOTOR -KURSUS MEKANIK



Minggu, 05 Agustus 2012

Fuel injection


Fuel injection

Group sensor
CKP =crankshaft position sensor
ET=engine temperatur sensor
IAP=intake air temperature
IAT=intake air temperature
TO=tip-over
TP=throtle position sensor

 Group control
ECM(engine control module)

Group aktuator/eksekutor
DCP=discharge pump=fuel pump
                                   =regulator
                                   =injector
ISCV=idle speed control valve


Keuntungan injeksi

-menyempurnakan campuran bahan bakar
-flow lebih bagus
-stasioner lebih lembut
-irit
-rendah emisi buang
-lebih bagus saat operasional
-tenaga lebih besar

Kekurangan injeksi

-perlu injektor,fuel pump,regulator
-desain tangki khusus
-butuh listrik lebih besar



Single point injektor=injektor terletak pada tengah manifol
Multi point injektor=injektor terletek pada masing2intake

Indirect injection=bensin disemprotkan tidak langsung di ruang bakar
Direcy injektion=bensin disemprotkan langsung pada ruang bakar

Yang menentukan waktu penyemprotan bahan bakar
IAP,CKP,TP


Group critikal problem(mesin mati total)
-CKP
-TO
-DCP



Fungsi masing2 sensor
ECM=sebagai control semua sensor2
ET=mendeteksi temperatur mesin dan memberikan signal ke ECM untuk dasar penyemprotan bensin
TO=mendeteksi kemiringan motor sampai 60derajat dan mengirim signal ke ECM dan selanjutnya Ecm akan memerintahka injektor untuk berhenti menyemprotkan bensin
IAP=mendeteksi tekanan udara disaluran intake dan megirim signal ke ECM untuk dasar penyemprotan bensin oleh injektor
TP=mendeteksi bukaan throtle valve sebagai dasar waktu penyenprotan bensin
IAT=mendeteksi tekaran udara di saluran hisap sebagai dasar durasi waktu penyemprotan bensin
CKP=mendeteksi putaran mesin sebagai dasar penyemprotan bensin
HO=mendeteksi konsentrasi kadar emeis gas buang sebagai dasr penyemprotan bensin
ISCV=menjalankan perintah ECM menambah atau mengurangi udara masuk saat throtle valve tertutup untuk mengoptimalkan saat starter/pemanasan mesin
DCP=sebagai eksekutor perintah ECM untuk mengatur penyemprotan bensin

Diagnosa kerusakan

Normal mode=kondisi mesin ok!tidak terjadi masalah pada semua komponen injeksi
Fail safe mode=terjadi masalah pada sensor tetapi mesin masih bisa dihidupkan
                       (TP,IAP,IAT,ISCV,ET,H2O)
Kritokal problem=engine tidak bisa menyala sama sekali
   Terjadi kerusakan pada salah satu sensor(CKP,TO,DCP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar