MELAYANI:
-SERVICE SEGALA MERK SEPEDA MOTOR
-DIESEL BENSIN
-MOTOR INJEKSI
-TAMBAL BAN -SPARE PART
-CUCI MOTOR -KURSUS MEKANIK



Rabu, 20 Februari 2013

Rabu, 07 November 2012

MOTOR INJEKSI


MOTOR INJEKSI



Injektor Motor Injeksi, Kapan Nyemprotnya
Belum lama ini P2R bahas seputar fuel pump motor injeksi. Ternyata sambutannya luar biasa, mengindikasikan bahwa masih banyak yang belum begitu paham kinerja komponen motor injeksi. Jika mau baca lagi ada di TULISAN 1TULISAN 2TULISAN 3. Nah, sekarang yuk lanjutkan bahasan ke komponen motor injeksi lainnya yaitu INJECTOR.
Bulan Juni 2011 silam, P2R sudah membahsanya baca SINI bro. Sekarang kita review lagi yukkkk….!!!  Kali ini P2R akan sedikit menguak injektor yang dipakai pada Yamaha V-Ixion dan Honda Supra X125 PGM-FI. Prinsip kerjanya sama saja dengan injektor Spacy injeksi dan Mio J. Hanya speknya saja berbeda. Data-data yang ada P2R pakai punya Supra X125 dan Vixion. (data untuk PGM-FI versi 4 dan YMJET-FI belum ditangan P2R)
Secara umum fungsi injektor pada teknologi fuel injection adalah untuk mensuplay semprotan bahan bakar dengan tekanan tinggi ke ruang bakar sesuai signal dari komputer alias ECU/ECM. Lebih detail seputar cara kerjanya adalah sebagai berikut;
Coba sambil lihat gambar di atas ya. ECU mengirimkan sinyal dalam bentuk arus ke solenoid coil. Arus dirubah menjadi magnet yang akan mengangkat needle ke posisi atas. Karena needle terangkat keatas, gate injector terbuka, sehingga bahan bakar bertekanan tinggi yang disuplay oleh fuel pump dapat keluar atau menyemprot dengan lembut.
Sedangkan volume bahan bakar yang disemprotkan oleh injektor tergantung dari dua hal. Pertama,injection duration yaitu lamanya waktu injection atau lamanya gate injector membuka. Kedua, fuel pressure yaitu tekanan bahan bakar dari fuel tank – fuel hose – dan kemudian injector.
Seeppp…. P2R yakin semuanya sudah paham cara kerjanya bukan?? Sekarang mari kita ungkap fakta lainnya. Merujuk dari data yang P2R terima, ternyata injektor pada V-Ixion memiliki 6 lubang. Sedangkan injektor yang dipakai Supra X125 PGM-Fi hanya mengandalkan 4 lubang. Oh ya, untuk Mio J lubangnya juga ada 4 bro.
Lantas, berapakah tekanan bahan bakar yang dibutuhkan kedua injektor untuk bekerja??? Ternyata Supra X125 injeksi tekanan bahan bakarnya disetting lebih tinggi yaitu 43 psi. Sedangkan pipa bahan bakar V-Ixion yang menuju injektor bertekanan lebih rendah yaitu 35,6 psi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar