CARA KERJA KOPLING SEPEDA MOTOR
selamat malam sob…hari ini pasti ceria kan…tetap senyum aja biar semua jadi asik
kita liat sampai mana perjalan pembahasan mesin kita sob.
di mulai dari
mesin(terjadinya pembakaran,pergerakan piston,memutar poros
engkol”crankshaft”)–>kopling ganda(buat motor tanpa kopling
tangan”manual”)–> kopling utama
nah kita dah sampai disini nih kopling utama
oke kembali ke pembahasan kita yaitu cara kerja kopling sepeda motor.
seperti kita ketahui kebanyakan motor yang ada di indonesia menggunakan kopling bertipe basah
seperti kita ketahui kebanyakan motor yang ada di indonesia menggunakan kopling bertipe basah
apa sih kopling tipe basah??
itu terjadi karna kopling terendam dalam oli,beda dengan mobil yang rata2 menggunakan kopling tipe kering, karna kopling nya tidak terendam oleh oli.
itu terjadi karna kopling terendam dalam oli,beda dengan mobil yang rata2 menggunakan kopling tipe kering, karna kopling nya tidak terendam oleh oli.
sebelum lebih jauh membahas tentang kopling, kita utak atik dulu yukk kopling ini,kita harus paham apa itu kopling
nah.. kopling adalah sebuah perangkat dalam mesin yang berfungsi untuk
memutus dan menghubungkan antara mesin dan transmisi,yang kemudian
diteruskan ke gigi utama selanjutnya berahir di putaran roda
pasti sebagian sobat ada yang bertanya
kenapa sih harus pake kopling???
kenapa sih harus pake kopling???
gini sob kopling ini berfungsi sebagai pemutus dan penghubung putaran
mesin…sebenarnya fungsi utamanya yaitu mekanik fleksibilitas
kenapa aku bilang begitu??,,,karna ketika motor membawa beban yang
berlebih atau over kapasitas maka kopling ini akan otomatis selip.karna
memang dirancang untuk itu.
bisa di bayangkan sob bila mesin langsung terhubung dengan transmisi
tanpa ada kopling.bila membawa beban yang berlebih pasti mesin mengalami
crash bahkan kerusakan yang fatal.
selain itu kopling juga sebagai pendukung agar saat pemindahan gigi transmisi lebih halus.
sekarang kita ke cara kerjanya
di perangkat kopling ini ada 2 pelat yang berbeda
pertama pelat halus yang kedua pelat dengan kampas atau “sepatu”.masing-masing pelat memiliki dudukan atau rumah
pertama pelat halus yang kedua pelat dengan kampas atau “sepatu”.masing-masing pelat memiliki dudukan atau rumah
nah pelat halus ini berada pada dudukan yang terhubung dengan transmisi
sedangkan pelat kampas(bertekstur kasar)terhubung dengan fly wheel,fly wheel(roda gila)ini terhubung dengan mesin.
ditengah kopling ini ada 4 buah pegas(per) atau lebih penekan.fungsi
dari pegas ini adalah sebagai penekan agar kedua pelat tadi saling
menjepit.
ditengah-tengah pegas tadi terdapat pinion yang berfungsi menekan balik pegas penekan tadi
jadi ketika pinion tadi menekan maka pegas akan terdorong sehingga gaya
tekan pegas hilang yang membuat kedua pelat tidak lagi
berhimpit/menjepit.
Tidak ada komentar:
Poskan Komentar