Start at
Present DaySeptember 27th, 20084th years of blogingYang Punya Blog
Nama lengkap saya adalah Agus Purwito, saya lahir dan besar di kota Pekanbaru provinsi Riau... Saya alumnus UIN Suska Riau jurusan Ilmu Komunikasi konsentrasi Jurnalistik...
email : igenk_black@yahoo.co.id atau keluargagus@gmail.com
Kalender
Arsip
Worth This Blog
-
Tulisan Terkini
- SATRIA FU DAN SPROCKET GEAR SINNOB
- MARQUEZ POLE… DUO REPSOL HONDA MENGUASAI COTA
- KONSEP DESAIN :: SUZUKI GSX 250 R
- SUZUKI SHOOTER…BAGUS.. !! TAPI…….
- SUZUKI RILIS GENUINE ACCESSORIES NEX
- GALERI :: SUZUKI GSX 750 R 2008
- ASPAR TERTARIK JADI TIM PABRIKAN SUZUKI DI 2014??
- BERBICARA DESAIN :: SUZUKI SATRIA FU 2013
- Teknologi Injeksi DCP-FI Suzuki Shogun 125 Masih Yang Paling Lengkap?
- IMPRESI RIDING :: SETELAH 1 TAHUN MENGGUNAKAN SATRIA FU
Tulisan Teratas
- SPARE PARTS MOST WANTED SUZUKI SATRIA FU 150
- HARGA KAWASAKI NEW NINJA RR SE 2012 (KR 150 P SE)
- DAFTAR HARGA SPROKET GEAR SINNOB
- TEST :: KONSUMSI BBM SATRIA FU DENGAN ECO MODE
- SATRIA FU DAN SPROCKET GEAR SINNOB
- OBATI PENYAKIT SUZUKI SKYWAVE
- BERBICARA DESAIN :: SUZUKI SATRIA FU 2013
- ALASAN SAYA MENGGUNAKAN KNALPOT RACING !!!
- TEST :: KONSUMSI BBM SUZUKI SATRIA FU 2011
- HAL YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH MEMBELI SATRIA FU
Komentar Terakhir
Imperial on SATRIA FU DAN SPROCKET GEAR… torrent sites that s… on TEST :: KONSUMSI BBM SATRIA FU… yud on SATRIA FU DAN SPROCKET GEAR… richard on ALASAN SAYA MENGGUNAKAN KNALPO… eboll on HAL YANG HARUS DILAKUKAN SETEL… eboll on HAL YANG HARUS DILAKUKAN SETEL… ヴィトン バック on HONDA RC212V :: MISTERI TRANSM… agoey on ALASAN SAYA MENGGUNAKAN KNALPO… husni on SATRIA FU DAN SPROCKET GEAR… richard on ALASAN SAYA MENGGUNAKAN KNALPO… aripentagram666 on SPARE PARTS MOST WANTED SUZUKI… cena on SACHS MEGELLI 250 RV VS HONDA … ndawul on SATRIA FU DAN SPROCKET GEAR… MotoGPPlanet on SATRIA FU DAN SPROCKET GEAR… Nandar on SACHS MEGELLI 250 RV VS HONDA … Blogroll Sites
Factory Sites
Modifikator Sites
Spare Parts Sites
Top Rated
Posts | Pages | Comments
All | Today | This Week | This Month
- Modifikasi vixion naked bike
5/5 (5 votes) - OBATI PENYAKIT SUZUKI SKYWAVE
5/5 (5 votes) - GALERI :: BIRU PUTIH SATRIA FU 3.0
5/5 (4 votes) - Lebih Detail New SATRIA FU 150 2009
5/5 (3 votes) - DAFTAR HARGA SPROKET GEAR SINNOB
5/5 (3 votes)
- Modifikasi vixion naked bike
Blog Visitors
- 1,064,888 visitors
Spam
Teknologi Injeksi DCP-FI Suzuki Shogun 125 Masih Yang Paling Lengkap?
Rate This
Bicara teknologi injeksi, boleh dong sekali-kali mundur ke belakang. Teknologi di masa lalu ini malah kami anggap selangkah lebih maju. Tapi karena berbagai alasan, Discharge Pump Fuel Injection (DCP-FI) yang pernah digunakan pada Suzuki Shogun 125 FI dihentikan produksinya.
Generasi sepeda motor Suzuki berikutnya yang menggunakan injeksi, Suzuki Nex FI malah menggunakan sistem injeksi konvensional yang banyak dipakai oleh pabrikan lain seperti Honda dan Yamaha
Balik lagi ke DCP-FI. Keistimewaan teknologi injeksi Suzuki ini adalah digabungkannya beberapa komponen dari injector, fuel pump dan regulator menjadi satu. Jadi di dalam tangki bahan bakar tidak ada lagi yang namanya fuel pump juga regulator. Perbandingan dengan injektor konvensional bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
Karena digabungkannya ketiga komponen ini, jadi lebih ringkas karena tidak membutuhkan fuel pump di tangki. “Selain itu aliran bensin dari tangki tidak memerlukan tekanan yang terlalu besar, bahkan saat bensin turun terbantu oleh gravitasi. Hal ini dapat meringankan kerja fuel pump,” jelas Anwar Widodo, Senior Instructor PT SIS.
Tekanan bahan bakar di selang dari tangki pun bukan yang bertekanan tinggi, jadi lebih safety. Khususnya bila terjadi kejadian yang tidak diinginkan seperti selang bensin lepas ketika mesin masih menyala, bensin tidak langsung menyembur keluar.
Posisinya, perangkat DCP ini diletakan mirip dengan posisi kebanyakan injector tipe indirect injection yaitu ada di intake manifold. Dan untuk aplikasi teknologi ini, Suzuki memilih menggunakan perangkat DCP buatan Mikuni.
Satu-satunya kelemahan pada DCP-FI adalah, ketika terjadi kerusakan salah satu komponen, bisa injector, fuel pump atau regulator, harus dilakukan secara assy. Tidak bisa terpisah masing-masing komponen. Tapi sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah, mengingat umur komponen ini cukup panjang hingga bertahun-tahun.
Selain DCP, Suzuki juga sudah sejak dulu melengkapi sistem injeksinya dengan sensor yang lengkap. Totalnya ada 7 sensor dan 4 perangkat actuator. Sensornya terdiri dari Engine Temperatur Sensor (ET), Intake Air Pressure Sensor (IAP), Intake Air Temperature Sensor (IAT), Throttle Position Sensor (TPS) juga Crank Position Sensor (CPS) dan Tip-Over Sensor (TO)
Selain itu dilengkapi pula dengan Heated Oxygen Sensor (HO2), atau biasa disebut dengan O2 sensor. Bedanya, O2 sensor pada motor ini bisa bekerja lebih cepat. “O2 sensor itu hanya bekerja maksimal ketika suhu sensornya sudah berada di kisaran 80 derajat celcius. Pada Suzuki Shogun, O2 sensornya dilengkapi heater atau pemanas agar cepat mencapai suhu tersebut,” jelas Anwar Widodo yang akrab disapa Aan.
Suzuki juga melengkapi motornya dengan Tip-Over Sensor (TO) yaitu sensor yang mampu membaca kemiringan motor. Ketika motor jatuh dan posisinya lebih dari 65 derajat maka secara otomatis sistem injeksi akan dimatikan dan mesin mati. Pada beberapa sepeda motor baru seperti Honda Vario Techno 125 atau Yamaha Mio J, fitur ini malah dihilangkan.
Lanjut ke komponen actuator. Pada Suzuki Shogun 125 FI sama seperti motor-motor lainnya. Yaitu Engine Control Module (ECM) sebagai otak yang menerima input data dari sensor lalu memberikan perintah pada injector. Berikutnya adalah DCP system dan injector.
Dan yang terakhir adalah idle speed control (ISC), fungsinya untuk menjaga langsam mesin. Caranya, ECM akan mengatur katup ISC untuk menambah atau mengurangi jumlah udara yang masuk ke intake saat gas ditutup dan ketika mesin masih dingin. Pada pagi hari, fungsinya menggantikan choke.
Nah, dengan DCP-FI, Heated Oxygen Sensor dan konsisten mengaplikasikan sensor kemiringan motor atau Tip-Over Sensor, sistem injeksi pada Suzuki Shogun ini jadi salah satu yang paling canggih. Sayang, versi injeksi pada Suzuki Suzuki Shogun 125 FI ini sudah discontinue.
Sumber :: Otomotienet.com
Dan apabila Suzuki ingin menginjeksikan Satria Fu… sudilah kiranya pihak suzuki kembali menggunakan sistem DCP-FI ini.. dijamin performa makin kentjaaaaang…dan konsumsi BBM lebih efisien….. aminn… !!!
Share this:
Like this:
Tagged motor baru, otomotif, spare parts, Comparizone, Motor, Gadget, Teknologi, NewsLetter, trackback, suzuki
Tulisan Sebelumnya
IMPRESI RIDING :: SETELAH 1 TAHUN MENGGUNAKAN SATRIA FU
IMPRESI RIDING :: SETELAH 1 TAHUN MENGGUNAKAN SATRIA FU
Tulisan Berikutnya
BERBICARA DESAIN :: SUZUKI SATRIA FU 2013
BERBICARA DESAIN :: SUZUKI SATRIA FU 2013
Blog pada WordPress.com.
Tema: Comet oleh Frostpress.
ipanase
/ Februari 10, 2013agoey
/ Februari 10, 2013Achmad Sya'roni F
/ Februari 13, 2013boerhunt
/ Februari 15, 2013http://boerhunt.wordpress.com/2013/01/03/kmi-meminta-perubahan-chassis-untuk-200ns-wotduyuting-masbro/
tokomap
/ April 17, 2013fi tool