Selasa, 20 Maret 2012 16:23 WIB
Bedah Teknologi Honda Vario Techno 125
Teknologi Honda Vario Techno 125 (bag.2), Cara Kerja ACG Starter
Kini teknologi ini bisa diaplikasi pada skubek yang harganya lebih terjangkau. Pada ACG Starter tidak adalagi dinamo starter konvensional dan mekanisme gigi penggeraknya.
"Karena tidak ada lagi dinamo starter dan mekanisme gigi starter maka suara kasar akibat gesekan antar komponen bisa dikurangi. Suaranya lebih halus dan minim getaran," buka Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor, PT Astra Honda Motor (AHM).
Alternator pada Vario Techno 125 ini memiliki 12 kutub magnet permanen yang terdapat di fly wheel. Juga memiliki 18 kumparan yang memiliki kutub magnet remanen atau magnet tidak tetap. 18 kumparan ini dibagi menjadi 3 hall yang berbeda.
"Tujuannya tercipta medan magnet yang saling tolak dan menarik untuk membuat flywheel bergerak," jelas pria ramah ini.
"Motor ini sistem pengisiannya juga sudah tiga phase. Arusnya lebih stabil dan kecil kemungkinan akan tekor," jelas Endro sambil menunjukan aki Vario Techno 125 yang menggunakan spesifikasi 12 V–5 Ah.
Didukung Dekompresi dan Swing Back
Agar lebih mudah menghidupkan mesin, ACG starter juga didukung dengan dua komponen lainnya. Yaitu dekompresi dan swing back. Dekompresi berfungsi untuk mengurangi atau membocorkan kompresi saat awal melakukan starter, efeknya proses menghidupkan mesin jadi lebih ringan. Pada Vario Techno 125 dekompresi diatur oleh mekanisme di noken as.
Penulis : Popo | Foto : Popo, IndraGT, Honda
Berita Terkait Judul
5 Komentar untuk artikel ini
Rabu, 26 Desember 2012 | 23:59 WIB
Nurochman ali
Mantap cuy infonya.....thanks
Senin, 10 Sepember 2012 | 10:21 WIB
suharjo
ACG.......
Pada saat difungsikan untuk starter..... kumparan dan magnet permanen di konfigurasi sebagai BRUSHLESS DC MOTOR ... (sebagai motor)
Pada saat mesin sudah berputar... kumparan dan magnet difungsikan sebagai Alternator/ generator...
Pada saat difungsikan untuk starter..... kumparan dan magnet permanen di konfigurasi sebagai BRUSHLESS DC MOTOR ... (sebagai motor)
Pada saat mesin sudah berputar... kumparan dan magnet difungsikan sebagai Alternator/ generator...
Minggu, 25 Maret 2012 | 19:01 WIB
cybermonster
artikel berikutnya kok belum nongol ?
Minggu, 25 Maret 2012 | 00:42 WIB
sona
fitur bagus dari mesin yang bagus cuman sayang tidak didukung desain body yang bagus....huh capek
Form Kirim Komentar
Disclaimer
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar