OBATI PENYAKIT SUZUKI SKYWAVE
Selain kelebihannya sebagai motor matik dengan kenyamanan dan kestabilan serta desain jempolan, Suzuki Skywave 125 memiliki beberapa ciri khas yang sering dikeluhkan penggunanya.
Pertama adalah tarikan awal yang berat terutama di putaran bawah (20-40km/jam). Kadang diiringi suara ngorok dan muncul hentakan, yang sepertinya bersumber pada v-belt.
Wajar jika beberapa konsumen mengeluhkan konsumsi BBM yang boros, 1:25 – 1:30, Bahkan disebuah milis ada yang mengeluhkan Skywave sudah nenggak bensin 2 liter untuk jarak 45 km saja. Sudah begitu, setelah jarum spido menunjuk angka 80km/jam, rasanya kecepatan sudah tidak bisa lagi ditambah. wah wah…
Nah, berikut ini pengalaman pribadi OP ketika melakukan servis rutin Skywave. Menurut seorang mekanik di bengkel resmi Suzuki yang ada di kawasan Jl. Embong Malang, Surabaya (depan JW Marriot), sebenarnya penyakit Skywave ini ada obatnya.
“Per CVT orisinal bisa diganti produk aftermarket. Kebetulan saya pakai merek ARB. Cuma Rp 60 ribu lengkap dengan per sentrifugalnya sebanyak 3 biji,” buka Yanto, nama mekanik itu.
Menurut Yanto, karena per CVT ini lebih empuk ketimbang milik Skywave, maka tarikan bawah akan menjadi lebih cepat. “Otomatis akselerasi di putaran bawah lebih cepat dan BBM lebih irit.” tutur Yanto yang ngaku kerap menerima order ganti per CVT ini.
Merasa Penasaran, OP pun coba-coba. Maklum Skywave Night Rider III besutan OP juga mengalami penyakit-penyakit ini. Dan ternta hasilnya…. dahsyat !!!
Gas dibuka sedikit motor langsung lari. Dan setelah gas terus dibuka dengan dirunut, kecepatan 100 km/jam bisa cepat diraih, itu pun gas belum habis. Padahal awalnya kalau sudah 80km/jam rasanya sudah mentok. Sensasi V-belt selip dan suara ngorok pun hilang dengan sendirinya.
Dan masih ada lagi efek pergantian per CVT dan per sentrifugal ini, BBM jadi irit. Jika semula berkisar 1:35 untuk pemakaian dalam kota dengan bensin Shell Super, kini bisa 1:40. Bahkan jika lalu lintas lengang seperti malam hari, bisa lebih irit lagi.
Pengin coba? Ongkos pasangnya cuma Rp 20 ribu. Dan sssttt…. Dari sumber OP yang lain, kabarnya ada bengkel resmi Suzuki yang mau menerima order ganti per CVT ini tanpa menghilangkan garansi lho.. karena memang cuma ganti per saja tanpa memodifikasi mesin sama sekali.
Sumber : OTO PLUS
Tulisan Sebelumnya
NEW YAMAHA JUPITER MX
NEW YAMAHA JUPITER MX
Tulisan Berikutnya
HARGA NEW JUPITER MX
HARGA NEW JUPITER MX
martini
/ Desember 2, 2010http://5osial.wordpress.com/2010/12/02/rekomendasi-begawan-4l4y-manies-cucok-pake-yamaha-byson/
az147r
/ Desember 3, 2010agoey
/ Desember 3, 2010Tukang Motor
/ Desember 31, 2010thanx gan beritanya…
fun math games
/ Januari 5, 2011Maskur
/ Januari 11, 2011Tapi punyaku bisa 1:38 kok.
adith
/ Januari 26, 2011motor sya SW NR3 >>> sher pakai smash stndr, cdi varro n coil kitaco, spuyer 15 pny spin, roller sling 13 n bawaan, per cpt pakai pny TDR 1500…tpi ko masih kurang ya atasnya pa lgi bwat tmbusin 100km/jam lama bgt naiknya…
pliss bntuannya>>>>>>
pa da yg slh??
agoey
/ Januari 26, 2011wah modifikasi mesinnya udah cukup dalam juga, modifikasi mesin skutik berbeda dengan modifikasi mesin bebek atau sport, jadi jika ingin modifikasi mesin skutik, lebih baik di serahkan pada bengkel atau mekanik yang paham dengan mesin skutik.. smoga berguna..
Array
/ November 22, 2011SW putih
/ Februari 12, 2011agoey
/ Februari 12, 2011Swer
/ November 15, 2012King Skywave
/ Februari 13, 2011caspro
/ Februari 15, 2011agoey
/ Februari 16, 2011diding
/ Februari 18, 2011joey
/ April 14, 2011joey
/ April 14, 2011wildan
/ April 22, 2011agoey
/ April 23, 2011joey
/ Mei 5, 2011agoey
/ Mei 7, 2011calvin liim
/ Juni 3, 20111500 atau 2000 rpm …:D
Swer
/ November 15, 2012ade
/ Januari 3, 2013hakiki Bayu
/ Juni 6, 2011ekofn
/ Juni 13, 2011agoey
/ Juni 14, 2011ekofn
/ Juni 13, 2011ade
/ Januari 3, 2013ekofn
/ Juni 15, 2011agoey
/ Juni 15, 2011angga
/ Juni 18, 2011tlong bntu saya gan bingung ane…
angga
/ Juni 18, 2011ferri
/ Juni 20, 2011yudhi
/ Juli 14, 2011spra
/ September 12, 2011m@el
/ September 23, 2011abdul fatah
/ Desember 27, 2011ardi
/ Desember 28, 2011martin tobing
/ Januari 22, 2012yan awe
/ April 26, 2012DHARUS
/ Mei 11, 2012martin tobing
/ Mei 13, 2012Swer
/ November 15, 2012dharus
/ Mei 14, 2012gak usah ganti CVT krn merek lain gak sama dengn suzuki, pada Suzuki ujung pirnya ada bengkok ke luar untuk kait ke lubang, klw itu di ganti emang enak juga tapi pengaruhnya pada umur V-beltnya
martin tobing
/ Mei 15, 2012DHARUS
/ Mei 16, 2012DHARUS
/ Mei 19, 2012yoko
/ Juli 15, 2012dharus
/ Oktober 13, 2012Swer
/ November 15, 2012Swer
/ November 15, 2012irwan
/ Mei 29, 2012trus kalo pas mau jalan,,,, ada suara dengungan dan hentakan d bagian belakan,, kaia d gardan itu kenapa ya???
dharus
/ Mei 31, 2012dhaxx
/ September 20, 2012Kurangin roler 2-3 gram
Ganti per sentrifugal nouvo/ktc mio 1500/tdr mio 1500
Per cvt g usah diganti
Rajin bersih2 cvt
Gas diurut pelan2
udah gw coba mantab dah
maksum
/ November 29, 2012boby
/ Januari 8, 2013dharus sholeh
/ Februari 26, 2013aan
/ Januari 26, 2013pitriono
/ Februari 19, 2013it tmpatnya dmn??
Di karbo y?
Halimah
/ Maret 5, 2013Thanks infonya
den zzacka
/ Maret 14, 2013Btw, setelah di ganti per CVT-nya, utk kedepannya ada masalh apa tidak Gan pd CVT itu sndiri dan pd mesin motornya… THX sblmnya N salam workshop.. ^_^